PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Ekperimen pada Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ujungjaya Sumedang)

Nurhasanah, Dina Fadhilah, 195010008 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Ekperimen pada Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ujungjaya Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI DINA FN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 PENGESAHAN.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 4 ABSTRAK DINA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB I SKRIPSI DINA FN.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 8 BAB II SKRIPSI DINA FN.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
FILE 9 BAB III SKRIPSI DINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
FILE 10 BAB IV SKRIPSI DINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
FILE 11 BAB V SKRIPSI DINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Canva adalah salah satu tools yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik berfikir inovatif, dan meningkatkan motivasi selama proses kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh/peningkatan motivasi belajar dalam media pembelajaran PPKn dengan menggunakan aplikasi canva di kelas VIII dan mengetahui berapa perbandingan peningkatan motivasi belajar dalam media pembelajaran PPKn dengan menggunakan aplikasi Canva di kelas lain. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonquivalent Control Group Design. Kelas VIII yang diambil dalam peneliti terdiri dari dua kelas yaitu kelas A dan B. Kelas A berjumlah 21 Siswa/i dan kelas B berjumlah 21 Siswa/i, sehingga jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 42 peserta didik untuk dijadikan sebuah penelitian. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Tes yang digunakan yaitu pretest, posttest dan lembar angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif statistik berbasis spss ver 25. Berdasarkan penelitian ini, bahwa media pembelajaran canva dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas VIII, pada kelas eksperimen termasuk kategori baik dan cukup. Hal ini dapat diketahui bahwa dari 21 peserta didik yang menjadi sampel penelitian, sebanyak 8 siswa atau 38,09% siswa menjawab bahwa motivasi belajar siswa baik, dan sebanyak 12 siswa atau 57,14% siswa menjawab motivasi belajar siswa cukup, serta sebanyak 1 siswa atau mencapai 4,77% siswa menjawab motivasi belajar siswa kurang. Oleh karena itu dapat dipahami bahwa motivasi belajar siswa tergolong baik dan cukup, karena sebanyak 20 siswa atau 95,23% siswa menjawab bahwa motivasi belajar siswa baik dan cukup. Hasil rata-rata pretest menunjukan rata-rata sebesar 70,71 sedangkan rata-rata posttest 80,90. Terdapat perbedaan hasil rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol. Kelas kontrol menunjukan rata-rata pretest sebesar 68,81 sedangkan rata-rata posttest 78,5 Kata kunci: Motivasi Belajar, Canva,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:06
Last Modified: 09 Oct 2023 06:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66987

Actions (login required)

View Item View Item