PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI KELAS RENDAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIBEUNYING KALER (PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD DI KECAMATAN CIBEUNYING KALER KOTA BANDUNG)

Surindani, Yuan Oemar, 195060038 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI KELAS RENDAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIBEUNYING KALER (PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD DI KECAMATAN CIBEUNYING KALER KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media video animasi di kelas rendah terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kecamatan Cibeunying Kaler. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data dengan teknik stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 guru kelas III di sekolah dasar di Kecamatan Cibeunying Kaler. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum menggunakan video animasi memiliki skor sebesar 0,572 dan dikategorikan cukup setelah menggunakan media video animasi motivasi belajar siswa meningkat dengan skor sebesar 0,789 dan dikategorikan baik. Implementasi Penggunaan media video animasi memiliki skor sebesar 0,767 dan dikategorikan baik. Media video animasi mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 56,1% dan sisanya 43,9%. dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Adapun variabel lain yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa yaitu indikator cita-cita/ aspirasi, kemampuan siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas, unsur dinamis belajar dan upaya guru dalam membelajarkan siswa. Kata Kunci: Media Video Animasi, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:33
Last Modified: 09 Oct 2023 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66982

Actions (login required)

View Item View Item