PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SISWA KELAS X SMA BPI 1 BANDUNG

Fawwaz, Nabilah (2023) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SISWA KELAS X SMA BPI 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada permasalahan Pengungkapan diri (Self Disclosure) siswa di SMA BPI 1 Bandung kepada orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh positif secara langsung maupun tidak langsung dari Komunikasi Interpersonal Orang tua terhadap Self Disclosure siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis) melalui pengumpulan data kuisioner dengan jenis skala likert guna mengguji hipotesis antara variabel Komunikasi Interpersonal orang tua dengan variabel Self Disclosure. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu uji validitas, uji realibilitas, analisis data menggunakan analisis jalur (simultan dan parsial), uji hipotesis lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Self Disclosure secara simultan bahwa nilai Fhitung (34.886) jauh lebih besar dari nilai Ftabel (2.51), dengan tingkat signifikansi 0.00 < 0.05. Sedangkan penelitian secara parsial diketahui bahwa Keterbukaan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Self Disclosure siswa (Y) sebesar 28.50%. Empati (X ) tidak berpengaruh secara signifikan 2 terhadap Self Disclosure (Y) sebesar 13.90%.Sikap Mendukung (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Self Disclosure (Y) sebesar 19.60%. Sikap Positif (X ) tidak berpengaruh signifikan terhadap Self Disclosure (Y) sebesar - 4 7.1%. Kesetaraan (X ) berpengaruh secara signifikan terhadap Self Dislosure (Y) 5 sebesar 39.70%. Pada hasil penelitian tersebut, diperoleh bahwa variabel komunikasi interpersonal secara simultan memiliki pengaru yang signifikan terhadap Self Disclosure siswa di SMA BPI 1 Bandung, namun secara parsial terdapat beberapa dimensi komunikasi interpersonal yang berpengaruh positif cukup rendah hingga tidak berpengauh sama sekali. Secara parsial, dimensi Keterbukaan (X ) dan 1 Kesetaraan (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Self Dislcosure Siswa (Y). Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Self Disclosure, Siswa, Orang Tua

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:21
Last Modified: 09 Oct 2023 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66955

Actions (login required)

View Item View Item