ANALISIS WARNA LOKAL DAN REPRESENTASI UNSUR BUDAYA MINANGKABAU DALAM NOVEL ANAK DAN KEMENAKAN KARYA MARAH RUSLI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR YANG BERKEBINEKAAN GLOBAL DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA

Widiawati, Windy, 185030072 (2023) ANALISIS WARNA LOKAL DAN REPRESENTASI UNSUR BUDAYA MINANGKABAU DALAM NOVEL ANAK DAN KEMENAKAN KARYA MARAH RUSLI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR YANG BERKEBINEKAAN GLOBAL DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Sastra Indonesia telah berkembang serta tumbuh dari budaya Indonesia yang amat beragam. Oleh sebab itu, keberadaan sastra di Indonesia juga bervariasi, mulai dari ragam genre, mitologi, tokoh, gaya ungkap sampai kepada masalah sosial, politik, dan budaya etnis. Novel merupakan wujud dari serangkaian cerita yang panjang serta menggambarkan kehidupan tokoh secara menyeluruh serta mengungkapkan mengenai aspek yang terdapat dalam lingkungan sekitar. Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apa saja unsur budaya yang terdapat dalam Novel “Anak dan Kemenakan” karya Marah Rusli, (2) Untuk Mengetahui warna lokal yang terdapat dalam Novel “Anak dan Kemenakan” karya Marah Rusli dan (3) Untuk mengetahui novel “Anak dan Kemenakan” karya Marah Rusli dapat dijadikan alternatif bahan ajar yang berkebinekaan global dalam profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) representasi unsur budaya minangkabau dalam novel anak dan kemenakan melingkupi garis keturunan di Minangkabau ditentukan menurut garis ibu, maka suku serumpun disini dimaksudakan “serumpun menurut garis ibu”, maka disebut “eksogami matrilokal atau eksogami matrilineal”, (2) analisis warna lokal minangkabau dalam novel anak dan kemenakan melingkupi Budaya Minangkabau, "mamak" adalah sebutan untuk paman dari pihak ibu. Peran mamak dalam hubungannya dengan kemenakan memiliki peranan yang penting dalam kehidupan sosial dan adat Minangkabau dan (3) penerapan berkebinekaan global dalam profil pelajar pancasila melingkupi Kemampuan peserta didik untuk menghargai perbedaan adalah bentuk nyata. Perbedaan yang harus dicintai oleh peserta didik termasuk budaya, agama, suku, ras, dan warna kulit. Kata kunci: Novel, unsur budaya, warna lokal, berkebinekaan global.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2023 06:20
Last Modified: 07 Oct 2023 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66933

Actions (login required)

View Item View Item