FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE DATING BADOO DIKALANGAN GENERASI MILENIAL KOTA YOGYAKARTA (Studi Fenomenologi Penggunaan Aplikasi Online Dating Badoo di Kalangan Generasi Milenial Kota Yogyakarta)

Septiyani, Widi Sari (2023) FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE DATING BADOO DIKALANGAN GENERASI MILENIAL KOTA YOGYAKARTA (Studi Fenomenologi Penggunaan Aplikasi Online Dating Badoo di Kalangan Generasi Milenial Kota Yogyakarta). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE DATING BADOO DIKALANGAN GENERASI MILENIAL KOTA YOGYAKARTA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif, tindakan dan makna dari penggunaan aplikasi online dating Badoo dikalangan generasi milenial kota Yogyakarta. Aplikasi Badoo adalah aplikasi online dating yang dapat membantu para penggunanya yang ingin mendapatkan kenalan baru dan mencari pasangan sesuai dengan kriteria yang diingkinkan oleh penggunanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustaakan, studi lapangan, observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini melibatkan generasi milenial di kota Yogyakarta sebanyak 6 orang, serta melibatkan 1 orang informan akademisi dan 1 orang informan ahli. Hasil dari penelitian yaitu terdapat motif, tindakan, dan makna dari penggunaan aplikasi online dating Badoo di kalangan generasi milenial kota Yogyakarta. Motif generasi milenial Yogyakarta menggunakan aplikasi online dating adalah untuk mencari dan mendaptkan teman baru maupun untuk mencari pasangan serta penggunaan aplikasi badoo yang mudah dan menarik. Tindakan yang dilakukan pengguna aplikasi Badoo adalah berkenalan dan berinteraksi dengan pengguna lainnya serta melakukan swipe berdasarkan ketertarikan dan minat yang sama setelah dirasa ada kecocokan mengajak untuk bertemu. Selanjutnya makna penggunaan aplikasi badoo tersebut adalah sebagai sarana untuk bertemu dan mencari pasangan maupun teman baru yang berbeda karakter untuk memperluas relasi pertemanan. Saran untuk generasi milenial dalam menggunakan aplikasi online dating harus bijak dan lebih berhati-hati jangan memberikan informasi pribadi secara lengkap, apalagi jika ingin bertemu dengan orang yang dikenal lewat apliksi online dating sebaiknya dilakukan ditempat yang ramai untuk menghindari adanya tindak kejahatan maupun resiko penipuan. Kata Kunci: Aplikasi online dating Badoo, Fenomenologi, Generasi Milenial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2023 02:17
Last Modified: 07 Oct 2023 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66917

Actions (login required)

View Item View Item