Narita, Annisa Eva, 195060071 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SDN 033 Asmi Kecamatan Regol Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER DEPAN.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning serta untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 033 Asmi Bandung dengan populasi sebanyak 52 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan kelas IV D sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 peserta didik dan kelas IV E sebagai kelas kontrol sebanyak 26 peserta didik. Dengan menetapkan responden sebagai sampel sebanyak 20 peserta didik menggunakan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Tes tersebut berupa soal pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 26.0 dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji effect size, dan uji ngain ternormalisasi. Hasil perhitungan menggunakan independent sample t-test dilihat dari equal variances assumed pada Sig. (2-tailed) dengan nilai sebesar 0,028 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh secara signifikan penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya peneliti menggunakan uji effect size dengan hasil sebesar 2,444 dapat dikategorikan effect sizenya besar yang artinya berpengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik. Adanya peningkatan hasil belajar ini dibuktikan oleh perhitungan n-gain ternormalisasi sebesar 45% pada kelas kontrol dan 59% pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Model Discovery Learning, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 07:13 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 07:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66872 |
Actions (login required)
View Item |