GASTRODIPLOMASI INDONESIA TERHADAP AUSTRALIA DALAM MENINGKATKAN NATION BRANDING MELALUI KULINER

Liana, Altanzihan Ilma (2023) GASTRODIPLOMASI INDONESIA TERHADAP AUSTRALIA DALAM MENINGKATKAN NATION BRANDING MELALUI KULINER. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Gastrodiplomasi merupakan alat diplomasi soft power yang bisa digunakan untuk meningkatkan citra Indonesia di luar negeri serta sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness bangsa. Gastrodiplomasi bisa dijadikan instrumen untuk menciptakan pemahaman lintas budaya dengan harapan dapat meningkatkan interaksi dan kerja sama internasional. Potensi kuliner Indonesia yang melimpah dapat dikembangkan untuk memperkuat diplomasi Indonesia dalam bidang kebudayaan. Gastronomi memiliki ruang lingkup yang mempelajari aspek historis, filosofis, dan budaya dari makanan. Dikarenakan adanya muatan aspek historis, filosofis, dan budaya, maka gastronomi masuk ke dalam diplomasi budaya. Gagasan mengenai gastrodiplomasi ini sendiri dipelopori oleh Paul S. Rockewer, yang mendefinisikan bahwa gastrodiplomasi adalah upaya membangun citra dan posisi suatu bangsa demi terciptanya reputasi nasional melalui makanan. Dengan kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia, diplomasi ini dilaksanakan sebagai upaya pengenalan dan promosi Indonesia kepada masyarakat Australia yang merupakan salah satu tetangga dekat Indonesia. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan gastrodiplomasi Indonesia sebagai upaya nation branding Indonesia terhadap Australia, juga sebagai salah satu metode diplomasi untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan mempromosikan Indonesia. Kata kunci: diplomasi publik, kuliner, gastrodiplomasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:36
Last Modified: 06 Oct 2023 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66850

Actions (login required)

View Item View Item