PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PADA TEKS CERPEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK KIANSANTANG

Martiana Komara, Nina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PADA TEKS CERPEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK KIANSANTANG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS_NINA KOMARA.docx

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan cara menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam menganalisis unsur pembangun pada teks cerpen; 2. Menjelaskan perbedaan yang signifikan antara kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran menganalisis unsur pembangun pada teks cerpen; 3.Menjelaskan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar dalam menganalisis unsur pembangun pada teks cerpen; 4. Menjelaskan perbedaan kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen antara peserta didik di kelas Problem Based Learning dengan kelas ceramah; 5. Mendeskripsikan model pembelajaran Problem Based Learning dalam menganalisis unsur pembangun pada teks cerpen meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik; 6. Menjelaskan perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis aatara peserta didik yang menggunakan Problem Based Learning dengan ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian mix methode. Pemilihan metode ini dimaksudkan agar hasil penelitian dapat memerikan hasil lebih lengkap tentang masalah penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan data penelitian kualitatif adalah observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan kualitatif menggunakan SPSS for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi sederhana yang telah dilaksanakan penulis maka dapat disimpulkan bahwa "Kemampuan menganalisis unsur pembangan cerpen berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis (Y) dengan total pengaruh 44,79%". Pengaruh positif ini bermakna semakin meningkatnya kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen (X) maka akan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca kritis peserta didik (Y). Kata Kunci: Problem Based Learning, Unsur Pembangun Cerpen, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:49
Last Modified: 06 Oct 2023 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66835

Actions (login required)

View Item View Item