PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA CISAAT KECAMATAN CIBINGBIN KABUPATEN KUNINGAN Disusun Oleh :

ALFAUZAN, FIAN LUTFI (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI DESA CISAAT KECAMATAN CIBINGBIN KABUPATEN KUNINGAN Disusun Oleh :. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
caver (1).pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi .pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FIAN.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Pajak bumi dan bangunan adalah salah satu sumber pendapatan asli daerah yang meningkatkan kesejahteraan masyrakat. Pajak bumi dan bangunan sebagai salah satu pemasukan daerah untuk meningkatkan kebutuhan daerah dan penyedian pelayanan kepada masyarakat. Partisipasi dari masyarakat menjadi salah satu faktor pendukung untuk mengsejahterakan seluruh lapisan masyrakat dalam segala aspek kehidupan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dan faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam melakukan pembyaran pajak bumi dan bangunan di desa cisaat kecamatan cibingbin kabupaten kuningan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observsasi secara langsung dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat wajib pajak untuk membayar pajak bumi dan bangunan di desa cisaat kecamatan cibingbin kabupaten kuningan masih kurang baik, yang mana disebabkan oleh beberapa faktor seperti, faktor pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan sosialiasi. Yang mana dari beberapa faktor itu mempengaruhi kesadaran diri dari masyarakat sebgai wajib pajak untuk melaksanakan pajak bumi dan bangunan. Oleh karena itu, diharapkan kesadaran dari masyarakat dan petugas pajak dapat bersama – sama meningkatkan kesadaran diri dan lebih sering lagi untuk melakukan sosialisasi terhadap pentingnya membayar pajak bumi dan bangunan di desa cisaat kecamatan cibingbin kabupaten kuningan. Kata kunci : pajak, partisipasi, masyarakat, pajak bumi dan bangunan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2022
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:44
Last Modified: 06 Oct 2023 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66830

Actions (login required)

View Item View Item