PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN CANVA

AS-SYIFA, BAYINA, 195050065 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN CANVA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) korelasi antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan selfefficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva; 4) efektivitas model pembelajaran CORE berbantuan Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; 5) efektivitas model pembelajaran CORE berbantuan Canva terhadap self-efficacy siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banjaran tahun pelajaran 2022-2023 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran CORE berbantuan Canva dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran biasa dengan masingmasing kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy yang telah memenuhi kriteria keandalan soal. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan program IBM SPSS Statistics 29 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva; 4) efektivitas model pembelajaran CORE berbantuan Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa tergolong kategori besar; 5) efektivitas model pembelajaran CORE berbantuan Canva terhadap self-efficacy siswa tergolong kategori sedang. Kata Kunci: CORE, Canva, berpikir kritis, self-efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:09
Last Modified: 06 Oct 2023 01:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66811

Actions (login required)

View Item View Item