AS-SYIFA, BAYINA, 195050065 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN CANVA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) korelasi antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan selfefficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva; 4) efektivitas model pembelajaran CORE berbantuan Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; 5) efektivitas model pembelajaran CORE berbantuan Canva terhadap self-efficacy siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banjaran tahun pelajaran 2022-2023 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran CORE berbantuan Canva dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran biasa dengan masingmasing kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-efficacy yang telah memenuhi kriteria keandalan soal. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan program IBM SPSS Statistics 29 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran CORE berbantuan Canva; 4) efektivitas model pembelajaran CORE berbantuan Canva terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa tergolong kategori besar; 5) efektivitas model pembelajaran CORE berbantuan Canva terhadap self-efficacy siswa tergolong kategori sedang. Kata Kunci: CORE, Canva, berpikir kritis, self-efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 01:09 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 01:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66811 |
Actions (login required)
View Item |