PERANCANGAN MEDIA INFORMASI MENGENAI TARAWANGSA SEBAGAI ALAT MUSIK NGALAKSA DESA RANCAKALONG SUMEDANG Agung Sandi Sri Laksono:196010057

Agung Sandi Sri Laksono, - (2023) PERANCANGAN MEDIA INFORMASI MENGENAI TARAWANGSA SEBAGAI ALAT MUSIK NGALAKSA DESA RANCAKALONG SUMEDANG Agung Sandi Sri Laksono:196010057. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
JUDUL Agung Sandi SL_196010057_Tarawangsa Ka Alam Rasa_TA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Agung Sandi SL_196010057_Tarawangsa Ka Alam Rasa_TA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1_Agung Sandi SL_196010057_Tarawangsa Ka Alam Rasa_TA.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2_Agung Sandi SL_196010057_Tarawangsa Ka Alam Rasa_TA.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
BAB3_Agung Sandi SL_196010057_Tarawangsa Ka Alam Rasa_TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi yang efektif untuk memperkenalkan Tarawangsa sebagai alat musik Ngalaksa di Desa Rancakalong, Sumedang. Tarawangsa merupakan instrumen tradisional khas Jawa Barat yang telah menjadi bagian penting dari budaya masyarakat setempat. Metode penelitian ini melibatkan survei, wawancara, dan analisis konten sebagai langkah awal untuk memahami sejarah, keunikan, dan pentingnya Tarawangsa dalam konteks Desa Rancakalong. Hasil survei menunjukkan bahwa warga setempat memiliki kebanggaan dan minat yang tinggi terhadap Tarawangsa, namun kesadaran dan pengetahuan publik secara luas masih terbatas. Berdasarkan hasil penelitian, media promosi yang direkomendasikan adalah kombinasi antara media cetak dan digital. Media cetak meliputi poster yang akan disebarkan dilingkungan kampus Universitas Pasundan dan sekitarnya. Sementara itu, media digital akan berfokus pada media sosial yang akan memperkenalkan Tarawangsa melalui konten menarik seperti video, gambar, dan cerita tentang sejarah, dan keunikan Tarawangsa. Dalam perancangan media promosi ini, penting untuk mempertimbangkan penampilan visual yang menarik, pesan yang jelas, dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh target audiens. kesadaran dan minat masyarakat terhadap Tarawangsa sebagai alat musik Ngalaksa dapat meningkat. Selain itu, diharapkan juga tercipta kesadaran akan pentingnya pelestarian warisan budaya lokal dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga dan mengembangkan budaya tersebut. Kata kunci: Tarawangsa, alat musik Ngalaksa, media promosi, Desa Rancakalong, Sumedang, budaya lokal, pelestarian warisan budaya

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2023
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:24
Last Modified: 05 Oct 2023 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66777

Actions (login required)

View Item View Item