MEMPRODUKSI FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DAN MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR

Kusmayadi, Ismail (2023) MEMPRODUKSI FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DAN MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jurnal Tesis.docx

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning melalui memproduksi film dokumenter terhadap kemampuan literasi digital dan tumbuhnya karakter cinta tanah air peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi masih minimnya pengetahuan dan wawasan peserta didik terhadap cerita sejarah lokal serta masih belum pahamnya peserta didik terhadap kemampuan literasi digital. Selama ini peserta didik menggunakan perangkat digital hanya untuk sebatas mengakses informasi atau hiburan semata sehingga kurang memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan konten positif. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methode) desain eksplanatori sekuensial. Desain eksplanatori sekuensial adalah sebuah desain penelitian yang dimulai dengan penelitian kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan hasil kuantitatif. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Selain itu, nilai t hitung sebesar 5,703 lebih besar dari 2,023 (t tabel). Dengan demikian, berdasarkan hasil penghitungan uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (X) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi digital (Y1). Sementara itu, berdasarkan kolom R Square dapat diketahui bahwa pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap peningkatan kemampuan literasi digital sebesar 0,489 (x100%), yakni 48,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara itu, Berdasarkan uji koefesien korelasi diketahui bahwa koefesien korelasi penerapan model Project Based Learning sebesar 0,50. Merujuk pada pedoman nilai interpretasi korelasi, nilai tersebut berada pada rentang “0,40 – 0,599” yang berarti tingkat hubungan model PjBL terhadap tumbuhnya karakter cinta tanah air termasuk pada tingkat hubungan yang “sedang”. Hasil analisis kualitatif terhadap hasil wawancara, observasi, dan dokumnetasi menunjukkan bahwa penerapan model project based learning memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi digital dan berkorelasi dengan tumbuhnya karakter cinta tanah air peserta didik kelas 12 MIPA 3 SMAN 1 Banjaran. Kata Kunci: model project based learning, film dokumenter, literasi digital, cinta tanah air

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:03
Last Modified: 05 Oct 2023 06:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66755

Actions (login required)

View Item View Item