PERILAKU CYBERBULLYING DI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA INFLUENCER DI KOTA BANDUNG (Analisis fenomena cyberbullying yang terjadi di media sosial TikTok pada influencer di kota Bandung)

Ramadhan, Muhammad Rizky (2023) PERILAKU CYBERBULLYING DI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA INFLUENCER DI KOTA BANDUNG (Analisis fenomena cyberbullying yang terjadi di media sosial TikTok pada influencer di kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PERILAKU CYBERBULLYING DI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA INFLUENCER DI KOTA BANDUNG”. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi yang merupakan studi tentang pengalaman hidup seseorang atau metode untuk mempelajari bagaimana individu secara subjektif merasakan pengalaman dan memberikan makna dari fenomena tersebut. Perspektif penelitian ini adalah fenomenologi menurut Alfred Schutz yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku cyberbullying di media sosial TikTok pada influencer di Kota Bandung yang memfokuskan nya pada tiga aspek yaitu motif, tindakan, dan makna. Informan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh orang dan didukung oleh informan akademis dan ahli. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk melengkapi dan menyempurnakan penelitian, pada tahap validasi peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa pendapat dan juga tanggapan mengenai motif, tindakan, dan makna yang terjadi pada perilaku cyberbullying di media sosial TikTok pada influencer di Kota Bandung, suatu tindakan bisa muncul karena adanya motif, seseorang memiliki dua motif yaitu tujuan (in order to motive) adalah suatu tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang yang melakukan suatu tindakan tertentu, dan motif sebab (because motive) merujuk langsung pada peristiwa- peristiwa masa lalu yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa motif, tindakan, serta makna yang muncul memang bermacam-macam walaupun banyak nya ada beberap persamaan dan tentunya semua memiliki faktor-faktor tertentu lainnya. Kata Kunci : Perilaku Cyberbullying, Media Sosial, TikTok

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:48
Last Modified: 05 Oct 2023 04:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66754

Actions (login required)

View Item View Item