FENOMENA ROLEPLAYER DI MEDIASOSIAL TWITTER (Studi Fenomena Original Character Roleplayer Di Media Sosial Twitter)

Aisyah, Sipa (2023) FENOMENA ROLEPLAYER DI MEDIASOSIAL TWITTER (Studi Fenomena Original Character Roleplayer Di Media Sosial Twitter). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Fenomena Roleplayer Di Media Sosial Twitter”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif apa yang mendorong para roleplayer bergabung ke dunia original chatacter roleplay, tindakan apa yang terjadi kepada roleplayer setelah bergabung ke dunia tersebut, bagaimana para roleplayer memaknai dunia original character roleplay menurut sudut pandang mereka masing-masing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teori Fenomenologi, kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Para pemain original character roleplay memiliki motif, tindakan dan makna yang beda beda. Kebanyakan para pemain begabung ingin menyalurkan hobi menulis mereka, ada juga yang memang sekedar penasaran dan akhirnya bergabung dan bertahan hingga saat ini. Original character roleplay juga dijadikan media untuk mencari teman secara virtual, para roleplayer juga bergabung ke dunia original character roleplay karena lebih suka berinteraksi melalui chat. Maka dari itu para roleplayer memutuskan untuk bermain original character roleplay. Tentu ada perubahann yang terjadi pada para roleplayer setelah bermain original character roleplay contohnya seperti roleplayer jadi lebih kreatif karena dituntut untuk bisa mengedit kebutuhan profile agar lebih menarik, para roleplayer juga jadi lebih memahami perasaan orang lain dan lebih berhati-hati dalam mengetik sesuatu. Efek negatifnya dengan bermain rolepay membuat para roleplayer jadi kurang produktif, karena terlalu fokus bermain. Beberapa dari roleplayer memaknai original character roleplay sebagai tempat healing, refreshing dari kehidupan nyata. Kata kunci: Roleplay, Original Character Roleplay, Motif, Tindakan, Makna

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:38
Last Modified: 04 Oct 2023 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66684

Actions (login required)

View Item View Item