PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERFOKUS PADA STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE NATURE LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ADINDA, MEISYA, 195030005 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERFOKUS PADA STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE NATURE LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita. Hal ini disebabkan karena pendidik kurang kreatif dalam pemilihan metode pembelajaran untuk menulis. Sehingga menyebabkan peserta didik kurang mampu mengembangkan sebuah ide dan gagasan serta merasa bosan saat menulis sebuah teks berita. Rumusan masalah yang disusun oleh penulis yaitu kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, menerapkan dan mengevaluasi kemampuan menulis teks berita berfokus pada struktur teks menggunakan metode nature learning, kemampuan sebelum dan sesudah menggunakan metode nature learning, dan perbedaan kemampuan peserta didik menulis teks berita setela menggunakan metode nature learning. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk menguji penulis dalam merencanakan, melaksanakan, menerapkan, dan mengevaluasi metode nature learning dalam menulis teks berita, menguji kemampuan peserta didik sebelum dan setelah menggunakan metode nature learning, dan menguji perbedaan kemampuan menulis teks berita menggunakan metode nature learning. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, tes, dan uji coba. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung, dengan menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita peserta didik kelas VIII di SMP Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung berada di kategori baik. Hal ini didukung oleh data hasil rata-rata pretest sebesar 40,00 dan posttest sebesar 84,80. Dengan demikian, metode nature learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita. Selain itu, metode nature learning signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan Uji Mann Whitney-U yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. 0,021<0,05. Berdasarkan hasil penelitian, metode nature learning efektif dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks berita di kelas VIII. Kata Kunci : Metode pembelajaran, nature learning, menulis, teks berita.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:25
Last Modified: 04 Oct 2023 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66651

Actions (login required)

View Item View Item