FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI PADA MAHASISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Dramatugi Aplikasi Tiktok Sebagai Ajang Eksistensi Diri Mahasiswa Di Universitas Pasundan)

Maududi, Rully Kausar (2023) FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI PADA MAHASISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Dramatugi Aplikasi Tiktok Sebagai Ajang Eksistensi Diri Mahasiswa Di Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI PADA MAHASISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Fenomena Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Ajang Eksistensi Diri Mahasiswa Di Universitas Pasundan)” penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena aplikasi TikTok berkaitan erat dengan citra yang dipersiapkan seseorang atas dirinya sendiri. Karena melalui aplikasi TikTok setiap orang ingin menampilkan sisi terbaiknya kepada orang lain. Sehingga, kesan yang dimiliki orang lain terhadap dirinya dapat bernilai positif apabila digunakan dengan baik. Hal tersebut akan menciptakan dorongan dari dalam dirinya untuk berbuat dan mencapai sesuatu yang ia inginkan agar dapat memenuhi kebutuhannya. Selain itu, melalui aplikasi TikTok seseorang dapat lebih mengutarakan apa yang dipikirkanya. secara tidak langsung membuat ia berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui fenomena penggunaan aplikasi tiktok serta kamuflase front stage dan back stage penggunaan aplikasi Tiktok sebagai wadah eksistensi diri mahasiswa UNPAS. Metode yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pemilihan informan mahasiswa UNPAS dan informan dipenelitian ini menggunakan teori Dramatugi yang dikemukakan oleh Erving Goffman yang dibagi menjadi dua wilayah depan (front stage) dan wilayah belakang (back stage). Dan Teknik wawancara yang dilakukan kepada informan adalah Teknik wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat hubungan yang ada antara obyek dan diri manusia bisa dihubungkan seperti Tik Tok dan juga eksistensi. Reaksi yang di dapat dengan adanya penggunaan dari Tik Tok itu ialah pencapaian suatu eksistensi. Dengan mengenali, memahami dan mengerti bagaimana penggunaan Tik Tok yang benar maka orang tersebut akan mendapatkan suatu eksistensi. Tiktok merupakan suatu aplikasi media sosial yang dapat dikatakan pada saat ini keberadaannya sebagai sesuatu krisis pada penyusunan kesan yang dicoba oleh para pengguna aplikasi tiktok guna membangun citra diri dan saling berlombalomba untuk menaikkan keeksisannya akan eksistensi dirinya pada aplikasi tersebut, mengenai dari fenomena tersebut dapat disebabkan bersamaan dengan perkembangan waktu yang pada awal mulanya tiktok hanya berperan selaku media sosial hiburan. Kata Kunci: Aplikasi TikTok, Eksistensi Diri, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:46
Last Modified: 03 Oct 2023 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66475

Actions (login required)

View Item View Item