PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI DIGITAL WEBTOON PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI SMA NEGERI 4 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Safitri, Lita Dewi, 195030084 (2023) PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI DIGITAL WEBTOON PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI SMA NEGERI 4 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam menulis teks cerpen seringkali peserta didik mengeluh tidak memiliki ide, salah satu faktornya yaitu kurang tepatnya pemilihan media atau metode pembelajaran. Penelitian ini dilakuakan untuk mengetahui keefektifan dari media webtoon pada proses pembelajaran di kelas dengan materi pembelajaran teks cerpen di kelas XI SMA Negeri 4 Cimahi, dapat diketahui partisipan mampu dalam mengikuti pembelajaran teks cerpen menggunakan media webtoon. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen adalah 57,5 dan 47,55 pada kelas kontrol. Selanjutnya, rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 75,66 dan di kelas kontrol 65,33. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Kemudia penulis mengolah data dengan menggunakan teknik Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Hasil uji mann whitney atas hasil posttest antara kedua kelas menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05. Atas hasil data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media aplikasi webtoon ini efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas dan membantu peserta didik dalam mengembangkan ide mereka untuk ditulis khususnya teks cerpen. Kata kunci : ide, pembelajaran menulis, cerita pendek, webtoon, mann whitney

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:47
Last Modified: 03 Oct 2023 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66473

Actions (login required)

View Item View Item