CULTURE SHOCK MAHASISWA SUKU BATAK DI UNIVERSITAS PASUNDAN (Studi Deskriptif Mahasiswa Batak di Universitas Pasundan Bandung)

Nopianti, Putri Shinta (2023) CULTURE SHOCK MAHASISWA SUKU BATAK DI UNIVERSITAS PASUNDAN (Studi Deskriptif Mahasiswa Batak di Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana culture shock yang dialami Mahasiswa Suku Batak di Universitas Pasundan Bandung. Pemahaman mengenai komunikasi yang dilakukan mahasiswa yang mempunyai kebudayaan yang berbeda dan membawa manfaat bagi mahasiswa yang sudah lama atau baru yang merasakan perpindahan budaya pada saat di lingkungan baru nya. Teori Gudykunst dan kim mengenai Kecemasan dan Ketidakpastian peneliti memilih karena untuk memahami secara dalam mengenai bagaimana honeymoon phase, crisis phase, dan adjustment phase dalam culture shock/gegar budaya. Penulisan peneliti ini menggunakan metode studi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, hingga kajian literature dan internet. Terdapat tiga macam informan dalam penelitian ini, informan inti, informan akademik, dan informan ahli. Informan inti yaitu Mahasiswa Suku Batak, Informan akademik yaitu dosen prodi DKV, dan informan ahli yaitu pengacara yang berasal dari Suku Batak. Hasil pengamatan dan pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa, proses culture shock dalam komunikasi antarbudaya yang dialami oleh Mahasiswa Suku Batak baik negatif dan positif. Cara penyampaian komunikasi antarbudaya antara mahasiswa Suku Batak dengan mahasiswa lainnya yang memiliki kebudayaan yang berbeda, culture shock adalah sesuatu yang pasti dialami mahasiswa yang merantau dan terdapat cara untuk mengatasinya, dan sudah seharusnya mereka bisa beradaptasi dengan kebudayaan barunya. Kata Kunci : Komunikasi Antarbudaya, Culture Shock,/gegar budaya, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:31
Last Modified: 03 Oct 2023 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66465

Actions (login required)

View Item View Item