PERANCANGAN PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA Marina Syifa Hendiyani:196010013

Marina Syifa Hendiyani, Drs. Agus Setiawan, Int., M.Sn. (2023) PERANCANGAN PERMAINAN KARTU TRUTH OR DARE SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA Marina Syifa Hendiyani:196010013. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
LEMBARAN AWAL.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB 1,2,3,4,5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN & DOKUMENTASI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Pada usia remaja merupakan masa pubertas yang ditandai adanya perubahan secara fisik, psikis, dan psikososial. Akibatnya remaja rentan terlibat kenakalan, seperti merokok, minum-minuman alkohol, melakukan tindakan kekerasan dan seks bebas. Berdasarkan data tersebut penelitian ini bertujuan mengetahui dampak atau hal yang mempengaruhi perubahan sikap remaja. Lalu ditemukan alasan utama yang mempengaruhi perubahan sikap dan karakter remaja, berawal dari pola asuh toxic parents yang mengakibatkan adanya gangguan mental dan penurunan semangat belajar anak, selanjutnya anak akan mencari kebebasan diluar dengan bertemu teman-teman yang salah. Seharusnya pada tahap pubertas orang tua mengawasi kegiatan anak, dari pergaulan, belajar, dan sikap. Menurut beberapa jurnal dan dosen psikologi menyatakan, perilaku dan karakter anak dapat berubah melalui bantuan psikolog atau layananBimbingan Konseling di sekolah dengan pemilihan media edukasi yang tepat untuk anak. Selain, mudah disampaikan ke anak, media edukasi juga efektif untuk memperbaiki sikap anak. Informasi di dalam media edukasi berupa permainan kartu Ayo Cerita Truth Or Dare merupakan media pendukung untuk anak menyampaikan isi hatinya dan bertanggung jawab atas tindakan yang telah dilakukan. Permainan ini dapat dilakukan di sekolah bertujuan untuk memperbaiki hubungan dengan teman dan memperbaiki diri, dapat juga dimainkan di rumah bersama keluarga bertujuan memperbaiki hubungan anak dengan orang tuanya. Kata kunci : Kenakalan remaja, pola asuh, permainan kartu, dan media edukasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2023
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:25
Last Modified: 03 Oct 2023 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66461

Actions (login required)

View Item View Item