PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SOLOKAN JERUK KABUPATEN BANDUNG (Studi pada pengurusan Akta Kelahiran)

Safrizal, Faizal (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SOLOKAN JERUK KABUPATEN BANDUNG (Studi pada pengurusan Akta Kelahiran). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
7. Daftar Isi.docx

Download (48kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.docx

Download (17kB)
[img] Text
1. Cover.docx

Download (135kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.docx

Download (47kB)
[img] Text
4. Abstrak.docx

Download (48kB)
[img] Text
8. Bab 1.docx

Download (61kB)
[img] Text
9. Bab 2.docx

Download (79kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.docx

Download (46kB)

Abstract

Faizal Safrizal (2023), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada pengurusan Akta Kelahiran di Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung. Dibawah bimbingan dengan Pembimbing Skripsi R. Hari Busthomi Ariffin, S.T., M.Si. Penelitian dengan judul pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan masyarakat pada pengurusan Akta Kelahiran di Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung, yang melatar belakangi keingintahuan peneliti terhadap indeks kepuasan masyarakat (IKM) di Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung yang terus meningkat selama 5 (lima) tahun. Penilaian indeks kepuasan masyarakat tersebut diperoleh dari kinerja yang baik selama melayani masyarakat, sedangkan prestasi kerja (kepuasan masyarakat) dipengaruhi dengan kualitas pelayanan yang memuaskan. Teori yang digunakan berlandaskan dari teori Zeithaml dalam Sinambela (2006:7) terdiri dari 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan (X) sebagai variabel yang bukti langsung/tangible, daya tanggap/responsiveness, kehandalan/ reability, jaminan/assurance, emphaty/empati. Sedangkan untuk variabel kepuasan masyarakat (Y), Peneliti menggunakan landasan teori Counsuegra et al (2007:178) yang terdiri dari dimensi kesesuaian harapan, persepsi kinerja, penilaian pelanggan. Sampel pada penelitian ini menggunakan 100 responden serta 10 (sepuluh) pernyataan untuk variabel Kualitas Pelayanan (X) dan 6 (enam) pernyataan untuk variabel Kepuasan Masyarakat (Y). Pernyataan-pernyataan tersebut di uji dengan uji reliabilitas dengan pemberian nilai skor. Variabel Kualitas Pelayanan nilai skor terendah 1000 dan tertinggi 5000, sedangkan untuk variabel Kepuasan Masyarakat nilai skor terendah 600 dan tertinggi 3000. Hasil yang diperoleh variabel Kualitas Pelayanan dengan nilai skor 4068, sedangkan untuk variabel Kepuasan Masyarakat (Y) diperoleh nilai skor 2456. Apabila nilai skor digambarkan dalam tahapan kuartil, maka nilai skor 4068 untuk variabel (X) dan nilai skor variabel (Y) sama-sama terletak pada level antara tinggi dan tertinggi. Peneliti memberikan simpulan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh untuk meningkatkan kepuasan masyarakat pada pengurusan Akta Kelahiran di Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung. Faktor-faktor penghambat seperti sarana prasarana dan sumber daya manusia agar dapat diatasi, sehingga kualitas pelayanan di Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung lebih meningkat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:17
Last Modified: 03 Oct 2023 02:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66459

Actions (login required)

View Item View Item