PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (S urvey Pada Siswa SMK Negeri 1 Sumedang)

Mohamad Ridwan, 194010372 and Dr. Hj. Mulyaningrum, SE.,M. Hum, Pembimbing (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (S urvey Pada Siswa SMK Negeri 1 Sumedang). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover_Skripsi_MohamadRidwan_194010372.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Skripsi_MohamadRidwan_194010372.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1_Skripsi_MohamadRidwan_194010372.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2_Skripsi_MohamadRidwan_194010372.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3_Skripsi_MohamadRidwan_194010372.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DaftarPustaka_Skripsi_MohamadRidwan_194010372.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan suatu negara yang mempunyai potensi ekonomi yang tinggi dengan dukungan sumber daya alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. T Tingginya sumber daya yang dimiliki negara Indonesia khususnya sumber daya manusia (jumlah penduduk) belum sepenuhnya dimaksimalkan dengan baik, hal ini dikarenakan terbatasnya jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan di negara Indonesia. Keterbatasan lapangan pekerjaan tersebut dapat menciptakan pengangguran Salah satu alternatif pilihan yang masih bisa diandalkan dan mengurangi angka pengangguran adalah dengan memilih karir sebagai wirausahawan. Sebelum menjadi seorang wirausahawan, terlebih dahulu harus mempunyai dan meningkatkan minat berwirausaha. Minat b erwirausaha itu sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan motivasi berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan moti vasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa SMKN 1 Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif dan verifikatif dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden, dan pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji r eliabilitas. A nalisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis secara simultan (uji f) dan parsial (uji t) t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, lingkung an keluarga, dan motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, baik secara simultan maupun parsial. Secara simultan besarnya pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha sebesar 62,0%. Secara parsial besarnya pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha sebesar 39,2%, besarnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha sebesar 12,5%, dan besarnya pengaruh motivasi berwiraus aha terhadap minat berwirausaha sebesar 10,3%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan melalui perhitungan koefisien determinasi, variabel pendidikan kewirausahaan memberikan pengaruh yang cukup kuat terhadap minat berwirausaha dibandingkan dengan v ariabel lingkungan keluarga dan motivasi berwirausaha. Kata Kunci : Pendidikan kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha, dan Minat Berwirausaha

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 02 Oct 2023 22:27
Last Modified: 26 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66421

Actions (login required)

View Item View Item