FENOMENA DIAGNOSA MANDIRI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Fenomenologi Self Diagnose Pada Pengguna Media Sosial Tiktok Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UNPAS)

GrimaldI, Muhammad Dippo Maulana (2023) FENOMENA DIAGNOSA MANDIRI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Fenomenologi Self Diagnose Pada Pengguna Media Sosial Tiktok Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UNPAS). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengeksplorasi fenomena diagnosa mandiri yang terjadi pada media sosial TikTok. Dalam era dihgital saat ini, Tiktok telah menjadi platform yang populer di kalangan masyarakat, termasuk pada kalangan mahasiswa. Di dalam media sosial Tiktok, pengguna seringkali menggunakan video pendek untuk mengungkapkan gejala dan mencoba mendiagnosa diri sendiri terkait masalah kesehatan mental dan fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana fenomena diagnosa mandiri ini dapat terjadi, mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi perilaku self-diagnose, sertamengeksplorasi dampaknya pada individu dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mentode studi fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap konten-konten Tiktok yang dapat memicu diagnosa mandiri dan juga interaksi dengan pengguna yang terlibat dalam fenomena tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan induktif untuk mengidentifikasi temuan temuan yang muncul dari narasi dan pengalaman pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena diagnosa mandiri pada TikTok, termasuk alasan mengapa individu cenderung melakukan diagnosa mandiri, tindakan yang mereka ambil, dan makna konten sejenis bagi pengguna. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi kesehatan, dan pengambilan kebijakan dalam mengelola penggunaan media sosial TikTok secara sehat dan bertanggung jawab. Kata Kunci : Diagnosa Mandiri, TikTok, Kesehatan Mental, Fenomenologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:33
Last Modified: 02 Oct 2023 08:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66406

Actions (login required)

View Item View Item