PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PUTUS SEKOLAH DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MINDA UTAMA

Sari, Pusma Purnama (2023) PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PUTUS SEKOLAH DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MINDA UTAMA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PUTUS SEKOLAH DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Fenomena anak putus sekolah bukanlah sebuah hal baru bagi bangsa Indonesia. Hal ini terjadi sudah cukup lama sehingga masalah ini menjadi masalah yang perlu diatasi. Banyaknya kasus putus sekolah menjadikan kualitas pendidikan dipandang tidak mumpuni dalam mengemban tugasnya untuk mencerdaskan dan memajukan bangsa. Anak memutuskan untuk menghentikan atau tidak melanjutkan pendidikan wajibnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti hilangnya minat anak terhadap belajar, terkendalanya perekonomian keluarga, hingga alasan mendapat ejekan dari lingkungan sekitarnya. Tidak sedikit dari mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya, akan tetapi satuan pendidikan formal memiliki syarat usia. Sehingga pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan pendidikan nonformal. Dimana satuan pendidikan nonformal ini memiliki peranan yang sama dengan pendidikan formal. Di dalamnya terdapat, guru dan anak didik, namun guru di pendidikan nonformal lebih dikenal dengan sebutan tutor. Adanya peran seorang tutor dalam meningkatkan motivasi belajar anak putus sekolah memberikan jalan keluar bagi bangsa ini untuk terbebas dari masalah anak putus sekolah. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar anak putus sekolah di PKBM Minda Utama. PKBM atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat adalah sebuah satuan pendidikan nonformal yang dibuat oleh, dari dan untuk masyarakat yang di dalamnya menyelenggarakan pendidikan kesetaraan. Subjek yang diteliti yaitu tutor dan anak putus sekolah yang mengikuti program kesetaraan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang didapatkan berasal dari hasil wawancara dengan beberapa informan yang sudah ditentukan. Dengan peran tutor sebagai informator, organisator, motivator, director, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator dan evaluator diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrisnsik anak putus sekolah untuk kembali mendapatkan minat dalam belajar. Kata Kunci: Peran Tutor, Motivasi Belajar, Anak Putus Sekolah, PKBM

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:34
Last Modified: 02 Oct 2023 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66397

Actions (login required)

View Item View Item