HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DENGAN SELF-DISCLOSURE (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan Bandung)

Oktaviani, Adisti Nur Rizky (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DENGAN SELF-DISCLOSURE (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI (Adisti Nur Rizky Oktaviani_192050497).pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Adisti Nur Rizky_192050497).pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI (Adisti Nur Rizky_192050497).pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (Adisti Nur Rizky Oktaviani_192050497).pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (Adisti Nur Rizky Oktaviani_192050497).pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR (Adisti Nur Rizky Oktaviani_192050497).pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (Adisti Nur Rizky Oktaviani_192050497).pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Pengungkapan diri merupakan hal yang penting bagi kehidupan setiap individu dalam berinteraksi dengan orang lain. Twitter merupakan media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk memberikan informasi pribadi secara terbuka dan bebas melalui tulisan berupa Tweet. Kemudahan dan kebebasan pengguna dalam mengungkapkan diri dari ruang privasi ke ranah publik secara berlebihan di dunia maya ini dapat memicu kerugian bagi pengguna Twitter. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian betujuan mengetahui hubungan penggunaan media sosial Twitter dengan self-disclosure pada mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan sebanyak 100 Mahsiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan Bandung menjadi responden dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification melalui empat indicator yaitu Informasi, Identitas Pribadi, Integrasi dan Interaksi Sosial, dan Hiburan. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda maka diperoleh persamaan Y = 10.315 + 0.408 + 0.486 + 0.216 + 0.480 yang berarti variable penggunaan media sosial Twitter meningkat maka Self-Disclosure pada mahasiswa juga meningkat, begitu pula sebaliknya. Besar hubungan penggunaan media sosial Twitter dengan Self- Disclosure berdasarkan hasil koefisien determinasi adalah sebesar 76.8% sedangkan sisanya 23.2% dipengaruhi oleh variable lain di luar dari variable penelitian ini. Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Self-Disclosure, Twitter.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:59
Last Modified: 02 Oct 2023 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66336

Actions (login required)

View Item View Item