IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PUBLIK HUMAS PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunikasi Publik Melalui Instagram @humas_jabar)

Romadhan, Fadhiya Nada Fazri (2023) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PUBLIK HUMAS PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunikasi Publik Melalui Instagram @humas_jabar). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Praktik kegiatan kehumasan dalam menyebarkan informasi semakin berkembang karena adanya perkembangan teknologi yang mendorong munculnya tren baru yaitu melalui media sosial. Media sosial dewasa ini sudah menjadi salah satu bagian dari publikasi, terutama media sosial Instagram yang menjadi salah satu media penyebaran informasi dan menyampaikan pesan kepada khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana “Implementasi Komunikasi Publik Humas Pemerintah Provinsi Jabar Melalui Media Sosial Instagram” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunikasi Publik Melalui Instagram @humas_jabar). Penelitian ini diteliti dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain melalui teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan rujukan teori 4C oleh Chris Heuer, ditemukan bahwa, Context: penggunaan bahasa yang digunakan dalam instagram @humas_jabar ialah bahasa yang casual, sesuai dengan akunnya yaitu akun magazine Pemprov Jabar dan bentuk penyampaian informasi dalam instagram @humas_jabar disampaikan dalam bentuk Infografis, Audiovisual, dan Repost yang disertai dengan topik konten yang bermacam- macam. Communication: informasi disebarkan melalui berbagai macam saluran, tidak hanya melalui instagram saja agar informasi dapat diterima semua lapisan masyarakat. Informasi yang dikemas dalam konten yang ada dalam instagram @humas_jabar merupakan hasil meliput sendiri dan juga riset melalui berbagai macam sumber sampai benar-benar valid. Collaboration: kolaborasi yang dilakukan oleh Humas Jabar dalam postingan instagramnya ialah kolaborasi informasi bersama dinas-dinas dan juga pihak lain. Connection: hubungan yang terjalin antara akun instagram @humas_jabar dengan para pengikutnya sudah terjalin dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Humas Jabar dalam memancing interaksi dengan followers ialah membuat konten-konten receh atau menghibur, juga sesekali membuka question box dan membuat kuis-kuis di instagram story agar pengikut di instagram tetap stay dan membuat mereka merasa lebih dekat dengan akun instagram @humas_jabar. Kata Kunci: Komunikasi Publik, Humas, Media Sosial Instagram, Teori 4C Chris Heuer

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:33
Last Modified: 02 Oct 2023 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66327

Actions (login required)

View Item View Item