ANALISIS DIFERENSIASI PRODUK PADA UMKM DI SENTRA CIBADUYUT KOTA BANDUNG ( Studi Kasus Pada Shoes Store JAVABULL FOOTWEAR )

Aldera, Dhea (2023) ANALISIS DIFERENSIASI PRODUK PADA UMKM DI SENTRA CIBADUYUT KOTA BANDUNG ( Studi Kasus Pada Shoes Store JAVABULL FOOTWEAR ). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSII.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN SKRIPSII.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSII.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 SKRIPSII.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Javabull Footwear merupakan skala usaha UMKM yang bergerak dibidang produksi sepatu yang terletak di kawasan sentra Cibaduyut kota Bandung. Usaha UMKM ini menghasilkan beberapa jenis produk sepatu mulai dari sepatu formal pria, formal wanita, sepatu sekolah, sepatu klasik wanita dan sepatu klasik pria dan menyediakan beberapa sepatu trendy yang diminati oleh banyak kalangan pada zaman sekarang. Pada saat ini Javabull Footwear dihadapi masalah kurangnya minat dari para pelanggan dikarenakan diferensiasi produk belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pelaksanaan diferensiasi produk pada Javabull Footwear dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi serta upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan teknik pengumpulan data melalui data lapangan meliputi: observasi non pastisipan, wawancara langsung dengan pemiliki Javabull Footwear sebagai informan. Dan teknis analisis model data interaktif yang digunakan oleh Miles dan Haberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan diferensiasi produk pada Javabull Footwear lebih banyak merancang sepatu formal dibanding sepatu lain yang sedang diminati oleh konsumen, bentuk dan desain yang dirancang kurang bervariatif, serta fasilitas yang diberikan masih kurang seperti kemudahan perbaikan. Sehingga beberapa indikator penting dari diferensiasi produk masih belum optimal seperti gaya, bentuk, kemudahan perbaikan dan desain. Hambatan yang dihadapi oleh Javabull Footwear dalam pelaksanaan diferensiasi produk adalah banyaknya pesaing, keterbatasan produksi dan kurangnya fasilitas yang dapat diberikan bagi konsumen dan upaya yang dilakukan oleh Javabull Footwear dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan cara dalam proses pemasaran, Javabull Footwear lebih mengenal inovasi yang terbaru untuk memasarkan produknya Saran yang peneliti kemukakan yaitu, bagi Javabull Footwear untuk lebih melihat perkembangan dalam dunia fashion, sehingga dapat merancang produk sepatu yang beragam sesuai dengan daya tarik yang diminati oleh kebanyakan orang. Diharapkan kepada Javabull Footwear untuk memperhatikan langkah yang tepat dalam melaksanakan diferensiasi produk agar dapat bertahan menghadapi persaingan yang ketat. Disarankan untuk mencoba fasilitas yang lebih seperti kemudahan perbaikan produk dan lebih sering menggunakan fasilitas sosial media agar dapat memasarkan produknya lebih luas lagi. Kata Kunci: Diferensiasi Produk, UMKM, Sentra Cibaduyut.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2023 07:03
Last Modified: 30 Sep 2023 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66297

Actions (login required)

View Item View Item