STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN CIANJUR DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA KAMPUNG ADAT MIDUANA DI KABUPATEN CIANJUR SELATAN

Amorita, Mirda Sholati (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN CIANJUR DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA KAMPUNG ADAT MIDUANA DI KABUPATEN CIANJUR SELATAN. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi - Mirda Sholati Amorita.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(LEMBAR PERSETUJUAN PERBAIKAN).pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur dalam Pengembangan Desa Wisata Kampung Adat Miduana di Kabupaten Cianjur Selatan”. Dilatarbelakangi oleh masih kurang nya pengembangan dalam aspek Sarana dan Prasarana penunjang menuju Desa Wisata Kampung Adat Miduana membuat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata perlu menyusun Strategi yang tepat agar wisatawan tidak kesulitan untuk mengakses wisata Kampung Adat Miduana. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur dalam pengembangan Desa Wisata Kampung Adat Miduana di Kabupaten Cianjur Selatan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualiatatif dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori strategi komunikasi LIMA LANGKAH oleh Prof. Dr. Hafied Cangara M.Sc. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan objek wisata Kampung Adat Miduana ini menggunakan 3 strategi komunikasi yaitu penelitian, perencanaan dan pelaksanaan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur dalam strategi nya juga memiliki tim khusus yaitu POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang dimana tim ini bermitra bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur dalam pengembangan wisata Kampung Adat Miduana. Dalam perencanaan nya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur memfokuskan untuk melihat pada potensi lokal yang ada seperti memulai perencanaan awal yaitu penunjang sarana dan prasana menuju Kampung Adat Miduana. Pelaksanaan yang sudah direncanakan sebelumnya sudah mulai pelaksanaan pembangunan awal yaitu berupa Bumi Ageung untuk penunjang wisatawan yang akan menuju Kampung Adat Miduana dalam dan juga Situs Arca, dalam perencanaan nya ada beberapa kendala seperti status lahan dan juga stakeholder yang ada ditempat, namun kendala tersebut dapat diatasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, untuk saat ini masih 10% pembangunan pengembangannya, namun masyarakat setempat sudah mulai merasakan dampak positif nya walaupun belum signifikan dirasakan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pengembangan Wisata, Kampung Adat Miduana

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2023 02:57
Last Modified: 30 Sep 2023 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66242

Actions (login required)

View Item View Item