IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER

Damayanti, Reisita (2023) IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Reisita Damayanti_NPM 208060007_MPM.docx

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Reisita Damayanti MPM.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pelajaran yang memerlukan pemahaman konsep, berpikir logis dan sistematis adalah matematika. Siswa harus menguasai kemampuan pemahaman karena merupakan kunci utama pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan matematika yang bermakna Perbedaan gender siswa berakibat terhadap cara berpikir dan belajar, perbedaan kemampuan dalam matematika serta memperoleh pengetahuan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi problem-based learning berbasis google sites pada kegiatan pembelajaran, menganalisis apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model problem-based learning berbasis google sites lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional berdasarkan gender. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes pemahaman, angket respon siswa, lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan Anova Dua Jalur. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) tipe eembedded design dengan penelitian kualitatif menjadi penguat penelitian kuantitatif sehingga simpulan yang dihasilkan lebih dalam dan detail dengan subjek penelitian adalah 36 orang siswa Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 7 Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon dan aktivitas siswa adalah baik terhadap pembelajaran model problem-based learning berbasis google sites yang memberikan pengalaman belajar yang baru bagi siswa serta kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model problem-based learning berbasis google sites lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional. Kata kunci: Gender, Google Sites, Pemahaman Matematis, Problem-Based Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 30 Sep 2023 02:30
Last Modified: 09 Jan 2024 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66225

Actions (login required)

View Item View Item