PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING (Studi Komperatif siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

WIJAYANTI, ITA WIDYA, 195020018 (2023) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING (Studi Komperatif siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 9 Bandung yang bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen yang menerapakan model pembelajaran Problem Based Learning. (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas kontrol yang menerapakan model Discovery Learning. (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran Discovery Learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan teknik pengumpulan data menggunakan berupa instrumen test uraian. Perhitungan dalam pengolahan data dilakukan dengan menggunakan alat analisis statistik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian memperoleh rata-rata nilai pretest eksperimen 66,43 dan rata-rata nilai posttest eksperimen 92,86, sedangkan rata-rata nilai pretest kontrol 60,57 dan rata-rata nilai posttest kontrol 86,86. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan Pengujian hipotesis (Uji-t) post-test dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi atau p-value sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 dan hasil ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dari kemampuan berpikir kritis siswa antara penggunaan metode pembelajaran problem based learning dikelas eksperimen dengan penggunaan model pembelajaran Discovery learning dikelas kontrol. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru untuk mempertahankan model pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kepada sekolah diharapkan mampu menyiapkan sarana penunjang pembelajaran. Kepada kepala sekolah baiknya memberikan pengarahan kepada guru untuk mengembangkan model pembelajaran. Kepada siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Kepada peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian lebih lanjut di sekolah yang berbeda. Kata Kunci : Metode pembelajaran problem based learning, Metode pembelajaran Discovery learning, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Sep 2023 01:29
Last Modified: 30 Sep 2023 01:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66224

Actions (login required)

View Item View Item