REHABILITASI SOSIAL DASAR DALAM MEMULIHKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DI UPTD RUMAH SINGGAH DINAS SOSIAL KOTA BANDUNG

Nugraha, Bayu Satya (2023) REHABILITASI SOSIAL DASAR DALAM MEMULIHKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DI UPTD RUMAH SINGGAH DINAS SOSIAL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
surat pernyataan.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penyandang disabilitas mental adalah orang yang pernah mengalami gangguan jiwa dan telah dirawat di rumah sakit serta dinyatakan sembuh, namun tetap tidak dapat melakukan aktivitas sosial sehari-hari. Dinas Sosial Kota Bandung menawarkan layanan rehabilitasi sosial untuk membantu penyandang disabilitas mental mendapatkan kembali fungsi sosialnya sehingga dapat kembali menjalankan peran sosialnya secara wajar. Metode penelitian menggunakan kualitatif, berlokasi di Dinas Sosial Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengembalikan keberfungsian sosial, proses rehabilitasi sosial perlu dilakukan untuk memberikan kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar yang diberikan kepada penyandang disabilitas mental disesuiakan dengan hasil asesmen yang dilakukan oleh pekerja sosial. Dalam keberfungsian penyandang disabiltas yang telah menadapatkan pelayanan, segi kemandirian menjadi sebuah faktor keberhasilan dalam mengembalikan keberfungsian sosial. Faktor yang menjadi pendukung dalam melakukan rehabilitasi sosial adalah kerjasama dengan bidang internal serta eksternal seperti Rumah Sakit Jiwa, ssedangkan faktor penghambat yang dialami dalam menjalankan rehabilitasi sosial adalah sarana prasarana yang belum lengkap, lalu tahapan rehabilitasi dimana karakteristik penyandang disabilitas yang berbeda- beda, serta proses reunifikasi yang seringkali mendapatkan penolakan dari pihak keluarga. Kata kunci: Rehabilitasi Sosial Dasar, Keberfungsian Sosial, Penyandang Disabilitas Mental.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:05
Last Modified: 29 Sep 2023 09:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66171

Actions (login required)

View Item View Item