PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROKUS (PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SOSIAL) UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN EKONOMI DI DESA TEGALLUAR KECAMATAN BOJONGSOANG KABUPATEN BANDUNG

Inayah, Fathiya Nur (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROKUS (PROGRAM KEWIRAUSAHAAN SOSIAL) UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN EKONOMI DI DESA TEGALLUAR KECAMATAN BOJONGSOANG KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_FATHIYA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)

Abstract

Desa Tegalluar merupakan salah satu tempat diadakannya program pemberdayaan Kewirausahan Sosial (ProKUS) setelah melalui klasterisasi data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berjalannya program, hasil pemberdayaan, hambatan-hambatan, upaya dan implikasi praktis dan teoretis Pekerjaan Sosial dalam pemberdayaan masyarakat melalui ProKuS untuk peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat di Desa Tegalluar. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para Mahasiswa lainnya yang akan melakukan penelitian, dan juga kepada Masyarakat umum yang ingin mengetahui mengenai Progam Kewirausahaan Sosial (ProKUS). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini terdiri dibagi menjadi 2 Klaster yaitu Bisnis Mentor dan KPM yang terbagi kedalam jenis usaha kuliner, fashion dan warungan. Adapun teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil dari penelitian di Desa Tegalluar menghasilkan deskripsi mengenai proses ProKUS yang dimulai dari persiapan seleksi Bisnis Mentor hingga pelaksanaan pelatihan yang sebelumnya dilakukan asesmen terlebih dahulu kepada para KPM. Hasil dari pelatihan tersebut membuahkan perbedaan yang dirasakan oleh para KPM seperti pemenuhan alat bantu produksi dan pengetahuan mengenai kewirausahaan yaitu pengelolaan uang dan pembuatan buku kas. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti bentroknya jadwal KPM dengan jadwal latihan, hambatan dalam modal usaha dan pemasaran produksi yang masih terbatas sehingga para KPM masih sering kebingungan untuk menjual hasil produksinya. Untuk menyelesaikan masalah tersebut perlu menyesuaikan jadwal dan monitoring ke tiap rumah KPM. KPM juga perlu diberikan jejaring atau wadah agar dapat memperluas pasar mereka. Sehingga pendapatan mereka juga akan signifikan naik. Pekerjaan sosial sebagai profesi professional dapat melakukan tahapan pertolongan dengan asesmen kepada KPM agar dapat membantu mereka mencari solusi alternatif dari permasalahannya. Pekerjaan sosial juga dapat berperan sebagai pendamping sosial KPM dan membantu mereka agar dapat terhubung dengan sistem sumber yang ada. Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Program Kewirausahaan Sosial, Kemandirian Ekonomi, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:29
Last Modified: 30 Sep 2023 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66151

Actions (login required)

View Item View Item