Nurkholisoh, Igar Siti, 195030042 (2023) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA RAKYAT SECARA TERTULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 PLERED TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan dalam menceritakan kembali isi teks cerita. Karena model pembelajaran yang tidak bervariasi, minat peserta didik menurun, penelitian ini terfokus pada kemampuan untuk menceritakan kembali isi teks cerita dengan tahapan atau proses. Oleh karena itu, penulis menggunakan model inkuiri untuk mengajarkan menceritakan kembali isi cerita secara tertulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi terhadap pembelajaran menceritakan kembali isi cerita; mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks cerita rakyat secara tertulis melalui model inkuiri; mengetahui keefektifan model inkuiri dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks cerita rakyat secara tertulis; mengetahui kemampuan peserta didik untuk belajar antara kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri dan kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah untuk menceritakan kembali isi teks cerita rakyat secara tertulis. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain kuasi. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta didik di kelas eksperimen lebih mampu dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata hasil pretest 54,2 > 31,6 dan rata-rata hasil posttest 77,2 > 53,8. Penulis juga mampu merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,75 dengan kategori sangat baik dan mampu melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,5 dengan kategori sangat baik. Model inkuiri berhasil digunakan dalam kelas eksperimen, dibandingkan metode ceramah pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan oleh Uji Mann-Whitney (Gain), yang membuktikan hasil signifikas. Hasil dari Asymp.Sig.(2- tailed) 0,000 ditunjukkan sebagai bukti bahwa hipotesis diterima jika nilainya lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model inkuiri dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran menceritakan kembali. Kata Kunci: Menceritakan Kembali, Teks Cerita Rakyat, Model Inkuiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 06:45 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66113 |
Actions (login required)
View Item |