Setyaji, Muhamad (2023) PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DALAM PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA BERBASIS BLENDED LEARNING. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Muhamad Setyaji_MPM.docx Download (78kB) |
Abstract
Matematika berperan dalam berbagai disiplin ilmu serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir manusia. Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang harus selalu ada dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan aplikasi microsoft teams dalam pendekatan kontekstual berbasis blended learning, menganalisis apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams dalam pendekatan kontekstual berbasis blended learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams berbasis blended learning, apakah kemandirian belajar siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams dalam pendekatan kontekstual berbasis blended learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams berbasis blended learning, apakah terdapat kolerasi antara kemampuan representasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams dalam pendekatan kontekstual berbasis blended learning. Metode yang digunakan adalah mix methods dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol dan X TKJ 3 sebagai kelas eksperimen di SMK PGRI jatiwangi. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan representasi, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa respon dan aktivitas siswa sangat baik terhadap penerapan aplikasi microsoft teams dalam pendekatan kontekstual berbasis blended learning yang memberikan pengalaman belajar yang baru bagi siswa dan respon dari siswa terhadap pembelajaran tersebut sangat baik serta kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams dalam pendekatan kontekstual berbasis blended learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams berbasis blended learning, Kemandirian belajar siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams dalam pendekatan kontekstual berbasis blended learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan aplikasi microsoft teams berbasis blended learning. Kata kunci: Microsoft teams, catatan lapangan, blended learning
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2023 |
Depositing User: | Mr PASCA-Asep - |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:53 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66094 |
Actions (login required)
View Item |