PROGRAM VOKASIONAL TATABOGA DISABILITAS SISWA SMALB TUNA RUNGU DI SLB NEGERI CINTA ASIH KABUPATEN BANDUNG

Ruswita, Salsabila Aprilia (2023) PROGRAM VOKASIONAL TATABOGA DISABILITAS SISWA SMALB TUNA RUNGU DI SLB NEGERI CINTA ASIH KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Cover SKRIPSI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan program vokasional siswa SMALB tunarungu dalam mencapai kemandirian di SLB Negeri Cinta Asih Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian naratif. Subjek penelitian merupakan 4 peserta didik SMALB Tunarungu kelas X dan XI serta 1 orang Guru Pembimbing Keterampilan Vokasional Tata Boga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriftif kualitatif. Penelitian ini memiliki hubungan dengan konsep kesejahteraan sosial, konsep pelayanan sosil, konsep usaha kesejahteraan sosial, konsep program vokasional dan konsep kemandirian. Kegiatan pembelajaran keterampilan vokasional tata boga peserta didik SMALB Tunarungu merupakan kegiatan yang terprogram di sekolah. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran keterampilan tata boga, guru melakukan asesmen terlebih dahulu kepada peserta didik untuk mengetahui kemampuan dan ketidak mampuan peserta didik dalam keterampilan vokasional tata boga. Guru meneraokan metode demonstrasi dalam pembelajaran keterampilan vokasional tata boga sehingga peserta didik mampu melakukan keterampilan tata boga (memasak) dan menjadikan bekal pengetahuan dan keterampila apabila setelah lulus sekolah nanti untuk menuju kemandirian peserta didik di masyarakat. Kata Kunci: keterampilan vokasional, tata boga, anak tunarungu, kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:13
Last Modified: 29 Sep 2023 01:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66029

Actions (login required)

View Item View Item