IMPLEMENTASI PROGRAM E- SAMSAT JABAR UNTUK PENINGKATAN KEMUDAHAN ADMINISTRASI MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS SAMSAT HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU II)

AGUSTINE, RYSTINE DEWI (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM E- SAMSAT JABAR UNTUK PENINGKATAN KEMUDAHAN ADMINISTRASI MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS SAMSAT HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU II). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

E-Samsat merupakan inovasi pelayanan dari Tim Pembina Samsat Jawa Barat yang berupaya untuk mengoptimalkan tingkat ketaatan untuk menciptakan kondisi yang dapat memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak. Dengan dipermudahnya prosedur membayar pajak, wajib pajak diharapkan akan lebih aktif dalam membayar pajak kendaraan dan dengan demikian tunggakan pajak dapat diminimalisir. Pajak Kendaraan Bermotor merupakan sumber utama bagi Pendapatan Daerah yang dialokasikan untuk pembangunan daerah. Pajak kendaraan bermotor termasuk dalam pajak provinsi yang merupakan bagian dari pajak daerah. Namun masih terdapat masalah dalam proses implementasinya yaitu terkait kemampuan pegawai dalam menerima, memahami dan memberikan informasi serta dari keterbatasan kemampuan wajib pajak dalam memanfaatkan teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 6 yang terdiri dari Kasi pendapatan dan penerimaan, Kasi Pendataan dan penetapan, Staf Pelaksana serta 3 lainnya dari masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa terwujudnya Implementasi Program E-Samsat, peneliti melakukan pengukuran Implementasi program menurut David C. Korten (2018) diantaranya: Program, Organisasi Pelaksana dan Pemanfaat. Hasil analisis data menunjukan bahwa alam penerapan program E-Samsat oleh Samsat Kabupaten Indramayu II Haurgeulis masih belum optimal, dalam pelaksanaanya masih terdapat beberapa kendala diantaranya adalah pada informasi yang diperoleh masyarakat mengenai E-Samsat sangat terbatas sehingga masyarakat banyak yang tidak mengetahui adanya program E- Samsat tersebut serta keterbatasan penguasaan teknis dari Pegawai Samsat itu sendiri. kemudian dari masyarakat wajib pajak sebagai pemanfaat yang juga yang memiliki keterbatasan dalam mengakses teknologi informasi sehingga secara keseluruhan pemanfaatan E-Samsat pada wajib pajak ini sangat kurang dalam hal pemanfaatanya. Kata Kunci: Implementasi Program, E-Samsat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 00:59
Last Modified: 29 Sep 2023 00:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66023

Actions (login required)

View Item View Item