Masfufah, Denisa (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SUSU MURNI PADA UKM CIMILK TANJUNGKERTA SUMEDANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
BAB 1.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan 2.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
UKM Cimilk Tanjungkerta merupakan usaha yang memproduksi susu murni, yang dimana usaha ini menjual susu mentah yang nantinya dijual kepada konsumen, lalu konsumen tersebut akan memproduksi menjadi produk jadi. Usaha ini berdiri sejak tahun 2012 dan masih beroperasi secara tradisional. Permasalahan pada UKM Cimilk Tanjungkerta, yaitu terletak pada kepuasan konsumen pada indikator perasaan tidak puas dan penyebab terletak pada kualitas produk pada indikator daya tahan produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum, mengetahui kondisi kualitas produk susu murni, mengetahui tingkat kepuasan konsumen susu murni, mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, dan mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen pada UKM Cimilk Tanjungkerta Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 62 responden ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji validitas instrument, uji reliabilitas instrument, regresi linear sederhana, korelasi rank spearman, analisis korelasi determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kualitas produk di UKM Cimilk Tanjungkerta berada pada kategori baik dan untuk tingkat kepuasan konsumen di UKM Cimilk Tanjungkerta berada pada kategori baik. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, yaitu berpengaruh positif dengan nilai 22,6%, sedangkan sisanya 77,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Hambatan yang terjadi pada UKM Cimilk Tanjungkerta, yaitu kurangnya alat atau mesin untuk menjaga suhu susu, kemasan produk mudah rusak. Pada saat musim hujan mengalami kendala karena produksi susu melimpah, sedangkan minat beli konsumen berkurang. Selain itu, jika sapi mengalami sakit susu dari sapi tersebut tidak dapat diproduksi. Saran dan masukan untuk UKM Cimilk Tanjungkerta, yaitu menambahkan mesin atau alat untuk menjaga suhu susu agar tetap terjaga kesegarannya, dalam segi kemasan lebih diperhatikan lagi, serta pemilik usaha lebih meningkatkan pengetahuan untuk mengolah susu yang tidak terjual menjadi suatu produk yang dapat menambah nilai jual. Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 09:32 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65377 |
Actions (login required)
View Item |