DAMPAK PENGASUHAN DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI ANAK DI PANTI ASUHAN MUTIARA BANI SHOLIHIN CIBIRU HILIR KECAMATAN CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG

Oktapiani, Shintia (2023) DAMPAK PENGASUHAN DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI ANAK DI PANTI ASUHAN MUTIARA BANI SHOLIHIN CIBIRU HILIR KECAMATAN CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Anak sebagai harapan bangsa membutuhkan pengasuhan yang baik demi menghasilkan sumber daya manusia yang potensial dan berkualitas. Pengasuhan merupakan suatu proses yang bertujuan untuk mendorong dan mendukung perkembangan emosional, sosial, intelektual, dan fisik seorang anak sejak bayi hingga dewasa. Konsep diri merupakan pandangan dan penilaian individu terhadap dirinya berdasarkan aspek diri fisik, diri etika-moral, diri personal, diri keluarga, diri sosial. Sehingga dengan pengasuhan yang baik diharapkan anak dapat memiliki konsep diri yang positif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengasuhan yang dilakukan di panti asuhan Mutiara Bani Sholihin Cibiru Hilir. Menganalisis konsep diri anak di panti asuhan Mutiara Bani Sholihin Cibiru Hilir. Menganalisis dampak pengasuhan dalam membentuk konsep diri anak di panti asuhan Mutiara Bani Sholihin Cibiru Hilir. Menganalisis tipologi anak yang memiliki konsep diri positif dan konsep diri negative di panti asuhan Mutiara Bani Sholihin Cibiru Hilir. Menganalisis implikasi praktis pekerja sosial dari dampak pengasuhan terhadap konsep diri anak di panti asuhan Mutiara Bani Sholihin Cibiru Hilir. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Informan penelitian ini berjumlah delapan orang yaitu tiga orang pengasuh dan lima orang anak yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen, data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif menggunakan koding dan kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh telah melakkukan pengasuhan dengan baik dalam mendukung perkembangan emosional, sosial, intelektual, dan fisik pada anak-anak di panti asuhan. Dalam aspek konsep diri menunjukan bahwa empat dari lima anak memiliki konsep diri positif dan satu diantaranya memiliki konsep diri negatif. Pengasuhan memberikan dampak yang berarti terhadap konsep diri anak-anak asuh di panti asuhan dan menghasilkan tipologi atau ciri-ciri dari anak yang memiliki konsep diri positif dan konsep diri negative di di Panti Asuhan Mutiara Bani Sholihin Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Implikasi praktis pekerjaan sosial dalam penelitian ini berkaitan dengan dengan peran pekeraan sosial yaitu enabler, broker, dan pendidik, serta berkaitan dengan metode pekerjaan sosial yaitu pengasuhan dalam penelitian ini dapat di kategorikan kedalam metode group work. Saran kepada pengasuh untuk membangun kelekatan yang lebih erat dengan anak-anak disana juga membantu anak-anak untuk lebih mengenal diri mereka sendiri. Kepada anak yang memiliki konsep diri yang positif agar tetap mempertahankan konsep dirinya. Kepada anak yang memiliki konsep diri negatif untuk lebih terbuka dengan pengasuh serta keterlibatan pengasuh dalam membangun pendekatan dengan intens sehingga anak dapt memahami dan menerima dirinya sendiri. Kata Kunci: Pengasuhan, Konsep Diri, Anak, Panti Asuha

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:11
Last Modified: 27 Sep 2023 09:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65374

Actions (login required)

View Item View Item