IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM DUTA GENERASI BERENCANA PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA BANDUNG

Fatianisa, Silva (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM DUTA GENERASI BERENCANA PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (755kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (50kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi kebijakan program Duta GenRe di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bandung dengan tujuan penelitian untuk memahami dan menganalisis bagaimana implementasi kebijakan program Duta GenRe di Kota Bandung berdasarkan indikator efektivitas implementasi kebijakan publik yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur organisasi, serta mengetahui faktor apa yang menjadi penghambat dalam implementasi program Duta GenRe di Kota Bandung. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas implementasi kebijakan publik menurut Edward III dalam Henrizal dan Satibi (2019) dengan 4 (empat) indikator yaitu: komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur organisasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program Duta GenRe di Kota Bandung berjalan dengan optimal dan tersebar diseluruh wilayah baik di tingkat kecamatan atau kelurahan, namun yang menjadi penghambat dalam implementasi program Duta GenRe adalah respon masyarakat yang kurang antusias dan menyambut baik program ini sehingga tidak mudah untuk bekerja sama menjalankan program Duta GenRe maka sepatutnya masyarakat harus terbuka dan bisa bekerja sama untuk menjalankan program ini karena memiliki tujuan penting yaitu membentuk para remaja menjadi remaja yang berkualitas dan terhindar dari pernikahan dini, seks pranikah, dan penggunaan Napza. Penyebab remaja pada saat ini melakukan pernikahan dini karena pengaruh media sosial dan lingkungan pergaulan yang tidak benar, selama ini baik di media sosial atau lingkungan sosial hanya memperlihatkan bahwa memiliki hubungan dengan lawan jenis yang senang dan indahnya saja sehingga tanpa sadar justru banyak remaja yang terjerumus ke hal negatif seperti melakukan seks pranikah sehingga melakukan pernikahan dini sebagai bentuk pertanggung jawaban. Kata Kunci: Implementasi kebijakan, Program Duta GenRe, Pernikahan Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:27
Last Modified: 27 Sep 2023 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65340

Actions (login required)

View Item View Item