STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM LAYANAN RUJUKAN TERPADU (SLRT) DI KELURAHAN CISANTREN BINA HARAPAN KECAMATAN ARCAMANIK

Rinanda, Kevin Rizkan (2023) STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM LAYANAN RUJUKAN TERPADU (SLRT) DI KELURAHAN CISANTREN BINA HARAPAN KECAMATAN ARCAMANIK. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
02_Abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03_Kata Pengantar.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01_Lembar Pengesahan.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
00_Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04_DaftarIsi_Tabel_Gambar.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05_Bab_I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06_Bab_II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10_Daftar_Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Kebijakan Sistem Layanan Rakyat Terpadu (SLRT) merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Namun, implementasi kebijakan SLRT di Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi kebijakan SLRT di Kecamatan Arcamanik dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT dan teori-teori terkait. Terdapat lima parameter yang menjadi bahan evaluasi efisiensi dan efektivitas implementasi kebijakan SLRT, yaitu komunikasi, sumber daya manusia dan dana, disposisi, keterlibatan pemangku kepentingan atau partisipasi, serta pemantauan dan evaluasi yang tepat waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SLRT di Kecamatan Arcamanik masih belum optimal dikarenakan beberapa faktor, seperti ketidakterlibatan aktif pemangku kepentingan, kekurangan sumber daya manusia dan dana, serta kurangnya pengelolaan program yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini merekomendasikan dua strategi optimalisasi implementasi kebijakan SLRT di Kecamatan Arcamanik. Pertama, meningkatkan keterlibatan aktif pemangku kepentingan dalam implementasi kebijakan SLRT dengan mengadakan sosialisasi dan pertemuan rutin antara pihak kecamatan, kelurahan, dan masyarakat. Kedua, memperkuat pengelolaan program dengan cara melakukan evaluasi dan pemantauan yang tepat waktu serta memperbaiki tata kelola program dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi masyarakat setempat. Dalam jangka panjang, penelitian ini merekomendasikan penguatan kelembagaan dengan mendorong pemerintah daerah melalui peraturan perundangan yang berlaku untuk mengefektifkan peran dan fungsi kecamatan dalam pelaksanaan program SLRT. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas implementasi kebijakan SLRT di Kecamatan Arcamanik dan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat. Kata Kunci: Analisis SWOT, Efektivitas, Implementasi Kebijakan, Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT), Strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:04
Last Modified: 27 Sep 2023 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65324

Actions (login required)

View Item View Item