KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA KEPADA ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERIBADAH PADA ANAK DI DESA CIPAGALO KECAMATAN BOJONG SOANG (Studi Deskriptif Kualitatif pada orang tua di desa cipagalo kecematan bojongsoang)

Pratama, Aldi (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA KEPADA ANAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERIBADAH PADA ANAK DI DESA CIPAGALO KECAMATAN BOJONG SOANG (Studi Deskriptif Kualitatif pada orang tua di desa cipagalo kecematan bojongsoang). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.KATA PENGANTAR.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Komunikasi menjadi alat untuk manusia berinteraksi sesuai kebutuhan serta hubungan antar manusia, meskipun bukan hanya manusia sebagai mahkluk yang berakal menggunakan komunikasi sebagai proses interkasi, melainkan hewan sekalipun berkomunikasi dengan caranya masing-masing (Ardianto & Qomaruzzuman, 2016, hal. 1). Komunikasi persuasi orang tua dan anak merupakan proses komunikasi antarpribadi yang bertujuan mempengaruhi perilaku anak, tepatnya membentuk perilaku anak dalam melaksanakan ibadah khususnya sholat dan membaca Al Quran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasi untuk mempengaruhi sikap, kepercayaan, dan perilaku orang dengan menggunakan manipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Dalam teknik analisis data peneliti menggunakan model Miles dan Hubermann yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa untuk membentuk perilaku beribadah anak dilakukan dengan intensif dan dalam kurun waktu yang lama kurang lebih 4 tahun. Komunikasi persuasi berlangsung orang tua dan anak setiap kali memiliki kesempatan untuk berdiskusi seputar ibadah dengan memberikan pemahaman beribadah (sholat lima waktu dan aktifitas belajar membaca Al Quran) kepada anak dilakukan melalui proses identifikasi dimana orang tua menjadi contoh bagi anaknya. Kata kunci : komunikasi persuasif, orang tua dan anak, perilaku, beribadah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:51
Last Modified: 27 Sep 2023 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65320

Actions (login required)

View Item View Item