POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PELANGGARAN KEDISIPLINAN PADA SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Guru Bimbingan Konseling dan Siswa Dalam Menangani Pelanggaran Kedisiplinan di Smk Islam Iqro Pasarkemis)

Kusumadewi, Silpi Tri (2023) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PELANGGARAN KEDISIPLINAN PADA SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Guru Bimbingan Konseling dan Siswa Dalam Menangani Pelanggaran Kedisiplinan di Smk Islam Iqro Pasarkemis). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak .pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pola Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Pelanggaran Kedisiplinan Pada Siswa”. Penelitian ini memiliki pembahasan mengenai bagaimana pola komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru bimbingan konseling dan siswa dalam menangani pelanggaran kedisiplinan. Yang dianalisis menggunakan teori interaksi simbolik dari Herbert Blumer yang memiliki lima konsep yaitu konsep diri (the self), konsep perbuatan (the act), konsep objek (object), konsep interaksi sosial (social interaction), serta konsep tindakan bersama (joint action). Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling yang berfokus pada komunikasi interpersonal yang terjadi pada guru bimbingan konseling dan siswa dalam menangani pelanggaran kedisiplinan di smk islam iqro Pasarkemis. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi lapangan dan wawancara, serta dokumentasi. Terdapat dua puluh dua orang sebagai informan, diantaranya satu informan ahli, satu informan akademik, dan dua puluh siswa sebagai informan pendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi yang terjadi antara guru bimbingan konseling dan siswa terbentuk dari konsep diri yang dibangun oleh masing-masing individu dan bertindak berdasarkan makna dari dirinya masing-masing. Guru bimbingan konseling dan siswa saling memahami objek, sehingga dari interaksi yang terjadi antara guru bimbingan konseling dan siswa, dapatnya tindakan bersama antara guru bimbingan konseling dan siswa dalam menangani pelanggaran kedisiplinan. Kata kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Guru bimbingan konseling dan siswa, Pelanggaran Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:09
Last Modified: 25 Sep 2023 04:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65220

Actions (login required)

View Item View Item