Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Tingkat Disiplin Siswa Pada Guru Sd Di Kabupaten Sumedang Utara (Studi Analisis Jalur Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Tingkat Disiplin Siswa Pada Guru SDN di Kabupaten Sumedang Utara)

Resmayani, Novia (2023) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Tingkat Disiplin Siswa Pada Guru Sd Di Kabupaten Sumedang Utara (Studi Analisis Jalur Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Tingkat Disiplin Siswa Pada Guru SDN di Kabupaten Sumedang Utara). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yaitu terdapat permasalahan disiplin siswa dalam menaati peraturan disekolah Dasar Sindang kecamatan Sumedang Utara. Hal tersebut dapat diduga serta disebabkan adanya pengaruh komunikasi interpersonal yang dilakukan guru kepada siswanya, dan sehingga adanya peran yang bagus di dalam dimensi-dimensi komuniksi interpersonal yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan disiplin siswanya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Kuantitatif Survei, metode ini digunakan untuk menguji beberapa hipotesis tentang variabel Komunikasi Interpersonal(X) terhadap disiplin Siswa(Y). Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Kuantitatif yang dimana menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis) yaitu untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Komunikasi Interpersonal mempengaruhi tingkat disiplin siswa pada guru SD Sindang Kecamatan Sumedang Utara baik dilakukan secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian menunjukan secara parsial yaitu pengaruh Komunikasi Interpersonal yang meliputi sebagai berikut : Keterbukaan(X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin siswa(Y) sebesar 0,122%, Empati(X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin Siswa(Y) sebesar 0,253%, Sikap Mendukung(X3) berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin Siswa(Y) sebesar 0,369%, Sikap Positif(X4) berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin siswa sebesar 0,354%, Kesetaaan(X5) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin Siswa(Y) sebesar 0,019. Pada kesimpulan penelitian ini didapatkan dua poin, pertama bahwa dimensi Komunikasi Interpersonal secara parsial berpengaruh terhadap Disiplin Siswa terkecuali pada dimensi Kesetaraan(X5) yang tidak berpengaruh secara signifikan. Kedua, bahwa Komunikasi Interpersonal secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin Siswa pada Guru SD Sindang Kecamatan Sumedang Utara. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Disiplin, Guru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:16
Last Modified: 25 Sep 2023 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65216

Actions (login required)

View Item View Item