PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

WIDIYANTO, SYAHDAN, 185060044 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa kelas III di SDN 033 Asmi Kota Bandung Bandung di karenakan proses pembelajaran sebatas guru menjelaskan siswa mendengarkan serta mencatat saja, media yang digunakanhanya sebatas papan tulis tidak adanya media lain yang digunakan pada saat prosespembelajaran sehingga pembelajaran cenderung membosankan serta kurangnya antusias siswa ketika mengikuti pembelajaran. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menerapkan Media Applikasi Google classroom terhadap hasil belajarsiswa kelas III SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Applikasi Google Classroom terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 53 siswa, sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas III A sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen dengan Applikasi Google Classroom. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posstest, rata-rata untuk kelas eksperimen dari 52,54 menjadi 86,58 sedangkan peningkatan untuk kelas kontrol yang dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posstest dengan nilai dari 57,71 menjadi 77,88 dan dari hasil perhitungan uji independent sample T test trerdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan hasil sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Media Applikasi, Google Classroom, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2023 01:28
Last Modified: 23 Sep 2023 01:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65201

Actions (login required)

View Item View Item