BACHTIAR, ALYA AINUN, 195060141 (2023) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 123 BABAKAN PRIANGAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam memperhatikan pembelajaran yang dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar IPAS antara kelas kovensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model inkuiri terbimbing melalui aplikasi Augmented Reality terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SDN 123 Babakan Priangan yang terdiri dari dua kelas yaitu peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 48 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah menggunakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian dengan soal yang sama. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukan bahwa rata-rata pretest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Sampel Test dengan bantuan aplikasi SPSS 26, didapatkan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui aplikasi Augmented Reality (AR) lebih tinggi dari peserta didik yang memperoleh pembalajaran konversional. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Augmented Reality, Hasil Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:37 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65200 |
Actions (login required)
View Item |