ANALISIS BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTAR TOKOH DALAM NOVEL LEBIH SENYAP DARI BISIKAN KARYA ANDINA DWIFATMA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMA KELAS XII

ERMA, RAHAYU APRILLIA, 195030021 (2023) ANALISIS BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTAR TOKOH DALAM NOVEL LEBIH SENYAP DARI BISIKAN KARYA ANDINA DWIFATMA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMA KELAS XII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
9. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
10. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
11. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk interaksi sosial antar tokoh dalam novel Lebih Senyap Dari Bisikan karya Andina Dwifatma, serta memanfaatkan hasil analisis tersebut menjadi salah satu alternatif bahan ajar bagi peserta didik SMA kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang hasil analisisnya akan dideskripsikan secara naratif. Sumber data dalam analisis ini, yaitu novel Lebih Senyap Dari Bisikan Karya Andina Dwifatma. Temuan dari hasil analisis menunjukan bahwa pada novel ini mengandung interaksi sosial yang bersifat asosiatif maupun disosiatif. Interaksi sosial yang bersifat asosiatif terdiri dari kerja sama ketika para tokoh menyadari bahwa memiliki kepentingan yang sama, akomodasi ketika para tokoh bersedia saling menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, dan asimilasi ketika para tokoh saling berusaha untuk mengurangi perbedaan. Sementara interaksi sosial yang bersifat disosiatif terdiri dari kontravensi ketika tokoh-tokoh saling menimbulkan ketidak sepakatan, dan konflik ketika para tokoh saling menentang dengan disertai saling memukul. Hasil analisis tersebut selanjutnya disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar serta dibuatkan sebuah produk berupa bahan ajar untuk menjadi penunjang pembelajaran peserta didik SMA kelas XII. Kata Kunci: analisis, interaksi sosial, novel, bahan ajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:37
Last Modified: 20 Sep 2023 04:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65144

Actions (login required)

View Item View Item