PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA STRUKTUR TEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP SUMATRA 40 KOTA BANDUNG

AMALIA, SILVIA, 195030043 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA STRUKTUR TEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP SUMATRA 40 KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis peserta didik. Hal ini disebabkan karena kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi serta kreatif dapat membuat peserta didik lebih aktif dan termotivasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satu metode kreatif yang dapat digunakan yakni metode mind mapping (peta konsep). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yakni untuk menguji kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks eksposisi berfokus pada struktur teks dengan menggunakan metode mind mapping pada peserta didik kelas VIII SMP Sumatra 40 Kota Bandung; untuk menguji kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Sumatra 40 Kota Bandung dalam menulis teks eksposisi berfokus pada struktur teks; untuk menguji keefektifan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Sumatra 40 Kota Bandung; dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mapping dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode think talk write. Dalam pelaksanaannya penulis menggunakan metode kuantitatif. Data yang diperoleh berupa pretest dan posttest peserta didik baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Adapun hasil penelitian ini: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks eksposisi berfokus pada struktur teks dengan menggunakan metode mind mapping dengan rata-rata nilai perencanaan 3,8 dan rata-rata nilai pelaksanaan 3,9, termasuk pada kategori sangat baik. 2) Kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksposisi mengalami peningkatan dengan nilai ratarata pretest (64,88) (kategori cukup) menjadi posttest (90,36) (kategori baik sekali). 3) Metode pembelajaran mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian man whitney-u yang mengungkapkan hasil Sig. terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan pemaparan di atas maka metode mind mapping (peta konsep) dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam menulis teks eksposisi. Kata Kunci: metode pembelajaran, mind mapping, menulis, teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:00
Last Modified: 20 Sep 2023 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65140

Actions (login required)

View Item View Item