PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR KOMPLIKASI DALAM CERITA PENDEK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RUSMIYATI, AI, 195030006 (2023) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR KOMPLIKASI DALAM CERITA PENDEK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur komplikasi dalam cerita pendek. Kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik menjadi salah satu penyebabnya. Pemilihan model pembelajaran yang bervariasi akan sangat berpengaruh terhadap proses kegiatan pembelajaran agar menjadi aktif, keatif, dan inovatif guna meningkatkan kualitas peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan yakni Discovery Learning. Selain itu, rendahnya kemampuan berkolaborasi juga dikarenakan kurangnya penugasan yang diberikan secara berkelompok oleh pendidik kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan model Discovery Learning yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur komplikasi dalam cerita pendek dan untuk meningkatkan kemampuan berkolaborasi pada peserta didik. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan kemampuan mengidentifikasi unsur komplikasi dalam cerita pendek dan kemampuan berkolaborasi antara kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji Wilcoxon adalah nilai Asymp. Sig. (2-tailed) <.001 atau 0,001 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik dalam mengidentifikasi unsur komplikasi dalam cerita pendek antara kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Adapun hasil yang diperoleh berdasarkan uji Mann Whitney-U adalah nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,010 < 0,05, artinya model Discovery Learning efektif digunakan dalam pembelajaran. Nilai berkolaborasi pada kelas eksperimen memiliki rata-rata (mean) 3,61 dan kelas kontrol memiliki rata-rata (mean) 3,47, artinya model Discovery Learning sudah efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berkolaborasi. Kata kunci: Model Discovery Learning, cerita pendek, berkolaborasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:36
Last Modified: 19 Sep 2023 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65132

Actions (login required)

View Item View Item