IMPLEMENTASI PROGRAM PESANTREN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN CIVIC RESPONSIBILITY (Studi Kasus Mahasiswa Daarut Tauhiid 2020/2021)

PULOH, JAIB, 195010019 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM PESANTREN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN CIVIC RESPONSIBILITY (Studi Kasus Mahasiswa Daarut Tauhiid 2020/2021). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan Jaib.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
10. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
12. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (456kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya perilaku penyimpang yang dilakukan mahasiswa yang hakikatnya tak lepas dengan berbagai perkembangan mahasiswa secara fisik, psikis, tanggung jawab, sosial, maupun agama. Selain itu, Begitu banyak hal penting yang terdapat pada perkembangan jiwa bertanggung jawab dan agama yang baik yang terjadi pada remaja maupun mahasiswa dengan penanaman nilai-nilai karakter yang dilakukan baik melalui pembelajaran formal maupun melalui kehidupan sehari-hari di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bela negara dan tanggung jawab sebagai warga negara melalui nilai-nilai karakter yang ada selama mengikuti kegiatan program pesantren mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus yang berlokasi di wilayah Kota Bandung dengan subjek penelitian yaitu Santri Mahasiswa,Pendamping Santri (Musyrif/ah) dan Kepala Unit PKBM Daarut Tauhiid Kota Bandung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yaitu data kualitatif secara studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi Program Pesantren Mahasiswa dalam membentuk sikap tanggung jawab kewarganegaraan yang telah dijalankan berdasarkan penanaman karakter nilai Baku dan nilai-nilai tauhid; (2) Bentuk Implementasi nilai-nilai karakter pada Santri sudah terbentuk melalui input dan output serta bentuk kegiatan nyata seperti kegiatan Pekan Parade Muslim atau Pepamu; (3) kendala-kendala yang dihadapi Unit PKBM Daarut Tauhiid dalam membentuk sikap tanggung jawab kewarganegaraan yaitu melihat latar belakang Santri yang berbeda-beda sehingga perlu diingatkan perbuatan-perbuatan yang dilakukan; (4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut ialah dengan berbagai macam inovasi serta eevaluasi program yang dilakukan Unit PKBM Daarut Tauhiid agar Program Pesantren Mahasiswa kedepan dapat lebih baik. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa kesadaran santri mahasiswa akan nilai-nilai tanggung jawabnya sebagai warga negara dapat dibentuk melalui penanaman karakter nilai Baku (Baik dan kuat) dan nilai-nilai tauhid. Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Program Pesantren Mahasiswa, Sikap Tanggung Jawab Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:21
Last Modified: 19 Sep 2023 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65124

Actions (login required)

View Item View Item