POLA KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA YANG BERBEDA TEMPAT TINGGAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Mahasiswa FISIP UNPAS yang Tinggal Terpisah dengan Orangtua dalam Hubungan Harmonisasi)

Ramdani, Muhamad (2023) POLA KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA YANG BERBEDA TEMPAT TINGGAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Mahasiswa FISIP UNPAS yang Tinggal Terpisah dengan Orangtua dalam Hubungan Harmonisasi). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (144kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini berisu mengenai komunikasi keluarga dengan judul “Pola Komunikasi anak dan Orang Tua yang berbeda tempat tinggal (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Mahasiswa yang Tinggal Terpisah dengan Orangtua dalam Hubungan Harmonisasi di FISIP UNPAS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi keluarga pada mahasiswa yang tinggal terpisah dengan orangtua dan juga untuk mengetahui harmonisasi hubungan yang tercipta antara mahasiswa dan orangtua yang tinggal terpisah. Penelitian ini memakai paradigma konstruktivis sebagai pendekatan. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha meneliti bagaimana komunikasi dan hubungan yang terjalin pada mahasiswa yang tinggal terpisah dari orang tua Peneliti menggunakan beberapa teori yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan diantaranya, teori Komunikasi Keluarga, Hubungan Harmonisasi, dan teori Interaksi Simbolik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa yang telah tinggal terpisah dari orangtua selama dua tahun atau lebih. Objek penelitian ini adalah peran komunikasi keluarga pada mahasiswa yang tinggal terpisah dengan orangtua dalam hubungan harmonisasi antara orangtua dan mahasiswa di Universitas Pasundan Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian in menunjukan bahwa pern orang tua dalam memberikan rasa empati, sikap postif dan kesetaraan dalam melakukan bimbingan belajar sangtlah baik, dan keterbukaan yang diberika orang tua kepada anak sangatlah berarti dalam proses belajar anak. Dan orang tua harus memiliki kesadaran untuk membimbing anaknya dalam belajar agar berjalan dengan baik dan lancar. Pada penelitian ini ditemukan bahwa komunikasi keluarga mempunyai peran yang penting dalam hubungan harmonisasi pada mahasiswa yang tinggal terpisah dari orangtua. Komunikasi keluarga yang baik akan membentuk hubungan yang harmonis diantara mahasiswa dan orangtua yang tinggal terpisah. Hubungan yang harmonis akan tetap terjalin jika mahasiswa dan orangtua selalu menjaga intensitas komunikasi mereka. Penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa yang tinggal terpisah dari orangtua ternyata tidak menceritakan semua hal kepada orangtuanya Kata Kunci : Komunikasi, Keluarga, Harmonisasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:50
Last Modified: 19 Sep 2023 01:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65120

Actions (login required)

View Item View Item